PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA

Putri, Ni Putu Ulan Rosita (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071031-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071031-ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1923071031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071031-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri, N. P. U. R. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Tesis Pendidikan IPA Program Studi S2 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Ni Luh Putu Manik Widiyanti, S.Si., M.Kes Kata kunci: Model, Inkuiri Terbimbing, 5M, Audio visual, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan rendahnya motivasi dan hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan motivasi dan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual dibandingkan siswa yang belajar dengan pendekatan 5M. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Pretest Posttest Non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sukasada dengan jumlah 208 siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 64 siswa. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa motivasi dan hasil belajar IPA, dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Hasil uji reliabilitas instrumen kuesioner motivasi dan tes hasil belajar IPA berada pada kualifikasi sangat tinggi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis multivariat (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual dan pendekatan 5M, (2) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual dan pendekatan 5M, (3) Terdapat perbedaan signifikan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual dan pendekatan 5M. Kesimpulan terdapat pengaruh positif model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model, Inkuiri Terbimbing, 5M, Audio visual, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Putu Ulan Rosita Putri
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:03
Last Modified: 21 Oct 2021 08:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8779

Actions (login required)

View Item View Item