PENGEMBANGAN MEDIA GAME MISSION BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GUGUS II KECAMATAN SUSUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Evayani, Dewa Ayu Made Candra Dwi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA GAME MISSION BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GUGUS II KECAMATAN SUSUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031381-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031381-ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031381-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (536kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031381-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031381-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031381-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031381-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031381-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031381-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran menyebabkan siswa sulit dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pengembangan media dalam penelitian ini berpedoman pada prosedur model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi dan evaluasi (evaluate). Subjek yang terdapat dalam penelitian pengembangan ini adalah media game mission book untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sedangkan objek dalam penelitian ini adalah validitas dan efektivitas media game mission book yang dikembangkan. Metode penelitian pengembangan ini adalah metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner degan instrument pengumpulan data berupa rating scale dengan pemberian instrument penilaian kepada 4 orang ahli yaitu, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang respon praktisi dan 12 orang siswa. Data dianalisis dengan melakukan uji validitas media game mission book berdasarkan data dari para ahli, respon praktisi dan siswa. Data yang diperoleh dihitung dengan menggunakan validitas Aiken untuk mengetahui rata-rata validitas isi media dari segi ahli isi sebesar 0,95 dengan kriteria sangat valid. Kemudian melakukan uji validitas media dari segi ahli media sebesar 4,4 dengan kriteria sangat valid, dari segi respon praktisi sebesar 4,7 dengan kriteria sangat valid dan dari segi respon siswa sebesar 4,9 dengan kriteria sangat valid yang dihitung dengan menggunakan rumus mean. Teknik analisis data motivasi yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif berupa uji prasyarat dan uji–t. Hasil penelitian uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,033 yang berarti 0,033< 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh efektivitas media game mission book untuk meningkatkan motivasi belajar tematik siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Susut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Game Mission Book, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Made Candra Dwi Evayani
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:24
Last Modified: 19 Oct 2021 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item