PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA TOPIK SUMBER DAYA ALAM DAN TEKNOLOGI KELAS IV SD

Cahyani, Ni Luh Paramita (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA TOPIK SUMBER DAYA ALAM DAN TEKNOLOGI KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031257-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABTSRAK)
1711031257-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031257-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031257-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031257-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031257-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031257-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031257-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031257-LAMPIRAN.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis literasi digital pada topik sumber daya alam dan teknologi kelas IV SD yang teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Adapun tahapan dari model ini yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun pada penelitian ini tahap implementation dan evaluation tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu, tenaga maupun kondisi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dengan penyebaran instrument rating scale berskala 5. Adapun subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi, 6 orang siswa di dua sekolah dasar untuk uji coba perorangan dan 12 orang siswa di dua sekolah dasar untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil penilaian yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor. Rata-rata skor dari ahli materi yaitu 4,73, ahli media 4,50, praktisi 4,78, uji coba perorangan 4,53 dan uji coba kelompok kecil yaitu 4,61. Sehingga, secara keseluruhan hasil validitas media video pembelajaran berbasis literasi digital berada pada rentangan 4,01 < x < 5,01 degan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut media video pembelajaran berbasis literasi digital pada topik sumber daya alam dan teknologi kelas IV SD layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media video literasi digital, model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Paramita Cahyani
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:37
Last Modified: 19 Oct 2021 07:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item