DEVELOPING INSTRUCTIONAL VIDEOS BY USING “POWTOON” TO TEACH ENGLISH FOR FIRST-SEMESTER 11th GRADE STUDENTS IN SMA NEGERI 1 SUKASADA DURING COVID-19 PANDEMIC

Herawati, Putu Lilik and Ramendra, Dewa Putu and Putra, I Nyoman Adi Jaya (2021) DEVELOPING INSTRUCTIONAL VIDEOS BY USING “POWTOON” TO TEACH ENGLISH FOR FIRST-SEMESTER 11th GRADE STUDENTS IN SMA NEGERI 1 SUKASADA DURING COVID-19 PANDEMIC. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021237-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021237-ABSTRAK.pdf

Download (989kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021237-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (949kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021237-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELLITIAN)
1712021237-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021237-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021237-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021237-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (995kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021237-LAMPIRAN.pdf

Download (919kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran menggunakan aplikasi Powtoon untuk pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas XI semester satu di SMA N 1 Sukasada. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 81 siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang meliputi metode kualitatif dan kuantitatif. Ada dua tujuan penelitian dari penelitian ini, yaitu; Mengembangkan video pembelajaran menggunakan aplikasi Powtoon untuk pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas XI semester satu SMA N 1 Sukasada dan Mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan video pembelajaran yang dirancang dengan menggunakan aplikasi Powtoon. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, angket, lembar observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan Powtoon sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan interval 81≤x, dimana x adalah 90 dikategorikan sebagai media sangat baik. Hal itu didukung oleh respon siswa yang positif. Disimpulkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan Powtoon dikategorikan sebagai media yang sangat baik dan merupakan media pembelajaran yang cocok untuk pengajaran bahasa Inggris siswa kelas 11 selama situasi pandemi. Dalam pengajaran bahasa Inggris, kegiatan ini akan dilakukan dengan jarak. Oleh karena itu, disarankan agar kegiatan pembelajaran harus di bawah instruksi dan pengawasan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Instruksional, Aplikasi Powtoon, Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: PUTU LILIK HERAWATI
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:22
Last Modified: 19 Oct 2021 03:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8813

Actions (login required)

View Item View Item