PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS “CUACA” UNTUK SISWA SD KELAS III

Adnyani, Ni Nyoman Trisna (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS “CUACA” UNTUK SISWA SD KELAS III. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031038-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031038-ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (534kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031038-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media fun thinkers “Cuaca” untuk siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah media fun thinkers “Cuaca”. Objek penelitian pengembangan ini adalah validitas media fun thinkers “Cuaca”. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen, rating scale, dan angket. Instrument yang digunakan untuk mengukur validitas media fun thinkers adalah instrument rating scale, sedangkan untuk mengukur respon praktisi dan respon siswa menggunakan angket. Validasi media dilakukan oleh empat orang dosen yang terdiri dari dua orang dosen sebagai ahli isi dan dua orang dosen sebagai ahli media, penarikan respon praktisi dilakukan oleh dua orang guru dan penarikan respon siswa dilakukan oleh dua belas orang siswa kelas III SD. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus indeks validasi Aiken untuk mengukur validitas isi media fun thinkers. Persentase digunakan untuk mengukur respon praktisi dan respon siswa. Hasil analisis data validitas isi media fun thinkers “Cuaca” oleh ahli isi berada pada rentang 0,75-1,00 dan ahli media berada pada rentang 0,625-1,00. Hal ini menandakan bahwa validitas media fun thinkers “Cuaca” tinggi. Respon praktisi sangat baik dengan mendapat persentase sebesar 93%. Respon siswa sangat baik dengan mendapat persentase sebesar 91%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka prototype media fun thinkers “Cuaca” dinyatakan valid dan siap diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fun thinkers cuaca, media pembelajaran, tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Trisna Adnyani
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:04
Last Modified: 19 Oct 2021 08:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item