Melani, Ni Made Arista (2021) ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN STANDAR PROSES KURIKULUM DARURAT PADA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071009-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071009-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menganalisis perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan standar proses kurikulum darurat serta mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru IPA dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA kelas VIII yang berjumlah 3 orang dan siswa kelas VIII. Pada penelitian ini pemilihan sampel siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Objek dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Guru sudah mampu membuat RPP dengan baik. RPP telah memuat identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/subtema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Namun, terdapat komponen RPP yang belum memenuhi standar proses Kurikulum Darurat, (2) Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan standar proses kurikulum darurat yang dilakukan oleh ketiga guru belum terlaksana secara optimal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kendala pada proses pembelajaran, (3) Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan RPP yaitu mengembangkan indikator pembelajaran, mendesain pembelajaran daring yang kreatif dan cocok untuk siswa, serta merancang penilaian keterampilan pada setiap KD, (4) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu kurangnya sarana dan dan prasarana pembelajaran yang dimiliki siswa dan rendahnya motivasi belajar siswa serta kurang aktif dalam proses pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kurikulum darurat |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Made Arista Melani |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 01:24 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8820 |
Actions (login required)
View Item |