Astafiria, Nanda Sekar (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ (METALIQ) PADA MUATAN IPA TOPIK EKOSISTEM KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031141-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031141-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031141-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031141-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031141-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031141-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031141-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031141-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031141-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan “METALIQ” pada muatan IPA yakni topik Ekosistem untuk siswa kelas VI SD. “METALIQ” dikembangkan dengan model ADDIE, dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) tahap analisis (analyze), (2) tahap desain (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) tahap implementasi (implementation), dan (5) tahap evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah “METALIQ” dengan topik Ekosistem untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. Objek penelitian yakni kelayakan “METALIQ” yang ditinjau dari validitas isi, respon praktisi, dan respon siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, studi dokumen, kuisioner/angket dan instrumen rating scale. Untuk mengukur validitas isi “METALIQ”, digunakan instrumen rating scale, sedangkan untuk mengukur respon praktisi dan respon siswa menggunakan kuisioner/angket. Empat orang dosen sebagai ahli menilai validitas isi produk, dua orang guru memberikan respon praktisi, dan sepuluh orang siswa kelas VI SD mengisi respon siswa. Data validitas media pembelajaran yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V untuk mengukur koefisien validitas isi. Mean merupakan analisis untuk mengetahui rata-rata skor respon guru dan respon siswa. Hasil analisis data validitas “METALIQ” untuk ahli isi berada pada rentang 0,75-1,00 dan ahli media pembelajaran adalah berada pada rentangan 0,625-1,00. Hal ini menandakan bahwa validitas isi “METALIQ” tinggi. Uji respon praktisi mendapat skor rata-rata sebesar 4,3, dan uji respon siswa mendapat skor rata-rata sebesar 4,51. Hal ini berarti semua aspek uji respon terhadap “METALIQ” memiliki kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut, maka “METALIQ” pada muatan IPA topik Ekosistem layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | “METALIQ”, IPA, Ekosistem, SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nanda Sekar Astafiria |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 08:54 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8850 |
Actions (login required)
View Item |