PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER GANJIL PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SDN 4 KAMPUNG BARU

Wijaya, Sofyan Hadi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER GANJIL PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SDN 4 KAMPUNG BARU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711021005-COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021005-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021005-PENDAHULUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1711021005-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021005-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021005-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021005-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021005-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video pembelajaran (2) untuk mendeskripsikan kualitas hasil validasi media video pembelajaran. Subjek penelitian yaitu 1 ahli muatan pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan dan 9 orang orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Metode dari pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) kuesioner/angket. Proses pengembangan media video pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap-tahap diantaranya tahap analisis kebutuhan (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Media video pembelajaran ini valid dengan: (a) hasil ahli isi/materi pelajaran menunjukkan skor 88% (baik). (b) hasil ahli desain pembelajaran menunjukkan skor 92% (sangat baik). (c) hasil dari ahli media pembelajaran menunjukkan skor 85% (baik). (d) hasil uji coba perorangan menunjukkan skor 97,14% (sangat baik) dan (e) hasil dari uji coba kelompok kecil menunjukkan skor 99,04% (sangat baik). Berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba perorangan dan kelompok kecil diatas, media video pembelajaran “Selalu Berhemat Energi” diharapkan dapat meningkatkan minat, motivasi serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media video pembelajaran, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: SOFYAN HADI WIJAYA
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:42
Last Modified: 21 Oct 2021 02:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8933

Actions (login required)

View Item View Item