PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERACY HUMANISTIC DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Suradipa, I Made Arya (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERACY HUMANISTIC DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041013-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041013-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041013-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik, validitas dan reliabilitas instrumen litaracy humanistic dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian 4D yang sudah dimodifikasi yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop dan desimination. Penelitian pengembangan ini menggunakan subjek meliputi instrumen literacy humanistic dan kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data menggunakan teknik rubrik penilaian judges, lembar observasi, dan soal essay. Berdasarkan analisis data dengan rumus Lawshe untuk mengukur validitas isi instrument, product moment untuk mengukur validitas empirik instrumen dan alpha cronbach untuk mengukur reliabilitas instrument, diperoleh hasil: (1) Instrumen litarcy humanistic telah memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1,00, validitas empirik menyatakan semua instrumen valid, (2) Instrumen kemampuan berpikir kritis telah memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 1,00 dan validitas empirik menyatakan semua instrumen valid, (3) Instrumen litarcy humanistic telah memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,99, (4) Instrumen berpikir kritis telah memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,96

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: literacy humanistic, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Made Arya Suradipa
Date Deposited: 19 Oct 2021 11:49
Last Modified: 19 Oct 2021 11:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8937

Actions (login required)

View Item View Item