Manili, Desak Made Citra (2021) ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1923071003-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071003-ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071003-LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengelolaaan pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Singaraja, yang berfokus pada: (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) penilaian pembelajaran, dan (d) faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP. Komponen silabus berpedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Komponen RPP berpedoman dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019, tetapi rumusan tujuan pembelajaran tidak mencakup keseluruhan kompetensi dasar dan indikator; (b) Pelaksanaan pembelajaran melalui tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Implementasi dokumen perencanaan pembelajaran belum berjalan dengan baik; (c) Penilaian hasil belajar siswa meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian pengetahuan sudah baik, tetapi penilaian sikap dan keterampilan masih jarang dilakukan; dan (d) Faktor-faktor yang memengaruhi pengelolan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, antara lain: (1) Faktor pendukung meliputi keberadaan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pelatihan kompetensi guru, penerapan kurikulum darurat, ketersediaan fasilitas berupa buku di perpustakaan, aplikasi penilaian pembelajaran, alat-alat laboratorium IPA, dan jaringan internet sekolah; dan (2) Faktor penghambat meliputi kurangnya pengalaman guru merancang pembelajaran dalam jaringan, tidak adanya interaksi langsung antara guru dan siswa, motivasi belajar siswa yang rendah, ketidaktersediaannya jaringan, dan keterbatasan kuota internet. Berdasarkan temuan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Singaraja belum berjalan optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pandemi Covid-19, pembelajaran IPA, pengelolaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Desak Made Citra Manili |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:57 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8938 |
Actions (login required)
View Item |