Paramita, Ni Putu Ayu Pradnya (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 AMLAPURA TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071007-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071007-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071007-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 2 Amlapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Amlapura sebanyak 4 kelas yang berjumlah 123 siswa. Penentuan subjek penelitian dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Objek dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, kuisioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan statistik deksriptif untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA dan analisis data kuisioner/angket dan wawancara dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 89,9% dari 123 siswa cukup setuju faktor psikologis mempengaruhi hasil belajar IPA, dan sebanyak 62,6% dari 123 siswa cukup setuju faktor sekolah mempengaruhi hasil belajar IPA, diikuti dengan sebanyak 61,0% dari 123 siswa cukup setuju faktor keluarga mempengaruhi hasil belajar IPA. Faktor yang lebih dominan mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor psikologis diikuti dengan faktor sekolah dan faktor keluarga secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N 2 Amlapura.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPA, Faktor hasil belajar, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Pradnya Paramita |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 00:56 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 00:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8960 |
Actions (login required)
View Item |