Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Peta Konsep Pada Materi Trigonometri Kelas X

Sukma, Ni Putu Sita Mayanti (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Peta Konsep Pada Materi Trigonometri Kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011077-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011077-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011077-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Materi yang bersifat abstrak dan kurang mandirinya siswa dalam belajar merupakan masalah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif (MPI) berbasis peta konsep pada materi trigonometri kelas X yang layak dan mampu menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 33 orang siswa kelas X pada salah satu SMA negeri di kota Tabanan yang dilibatkan dalam uji coba terbatas. Data kelayakan MPI diukur dengan angket penilaian MPI yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media pembelajaran, data pengalaman pengguna diukur dengan user experience questionnaire (UEQ), dan data kemandirian belajar diukur dengan angket penilaian kemandirian belajar siswa. Perolehan rata-rata skor penilaian ahli materi dan media berturut-turut adalah 4,5 dan 4,37 dari skor maksimum 5, dengan kategori sangat layak. Dampak penggunaan MPI terhadap tingkat kemandirian belajar siswa adalah peningkatan rata-rata skor kemandirian belajar sebesar 0,52 dan berdasarkan hasil UEQ, MPI memperoleh impresi yang positif dari pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, multimedia pembelajaran interaktif, peta konsep, trigonometri, UEQ
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI PUTU SITA MAYANTI SUKMA
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:29
Last Modified: 21 Oct 2021 08:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item View Item