Mulyawan, I Gede Satya (2021) EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH – BARANG MILIK DAERAH (SIMDA-BMD) KOTA DENPASAR MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL) DENGAN PENDEKATAN CAPABILITY MATURITY MODEL INTEGRATION FOR SERVICE (CMMI-SVC). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929101030-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929101030-ABSTRAK.pdf Download (470kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929101030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (398kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929101030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929101030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929101030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929101030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929101030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929101030-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Melalui observasi pendahuluan yang dilakukan pada tahun 2020, ditemukan permasalahan pengelolaan SIMDA-BMD, yaitu penggunaan fungsi-fungsi pada SIMDA-BMD di Kota Denpasar belum maksimal dan beberapa kali mengalami down dengan waktu perbaikan yang cukup lama. Melihat hasil observasi tersebut, tidak menutup kemungkinan terdapat incident dalam penyampaian layanan yang belum terdeteksi. Untuk mendeteksi dan mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan evaluasi pada pengelolaan SIMDA-BMD. Metode evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) versi 3 pada area Service Operation dan Service Transition dan model Capability Maturity Model Integration for Services (CMMI-SVC). Salah satu tujuan dari penelitian ini yaitu merumuskan rekomendasi perbaikan dengan mengacu pada metode yang digunakan untuk meningkatkan layanan SIMDA-BMD. Langkah yang dilakukan pada penelitian ini dimulai dengan melakukan pendekatan goal / tujuan pada proses-proses kerangka kerja ITIL yang telah ditentukan kepada process area kerangka kerja CMMI-SVC. Assessment dilakukan dengan melibatkan 45 pengguna layanan dan pengelola SIMDA-BMD sebagai responden. Kuesioner disusun menggunakan skala Likert, kemudian diuji validitas dan realibilitasnya. Data yang bersifat teknis didapatkan dengan wawancara kepada pengelola SIMDA-BMD. Data tersebut kemudian dinilai menggunakan capability level kerangka kerja CMMI-SVC. Gap akan terjadi antara penilaian capability level dan target capability level bila terdapat kekurangan dalam pengelolaan SIMDA-BMD menurut kerangka kerja CMMI-SVC. Melalui proses assessment kerangka kerja CMMI-SVC terdapat 1 process area yang memenuhi target, 1 process area yang memiliki gap 2 level, dan 5 process area yang memiliki gap 1 level. Rekomendasi disusun berdasarkan syarat pemenuhan target capability level. Rekomendasi pada kerangka kerja ITIL dilakukan melalui pemetaan critical success factor dan key performance indicators pada process yang memiliki gap. Hasil dari penelitian ini adalah 2 rekomendasi dari kerangka kerja CMMI-SVC dan 10 rekomendasi dari kerangka kerja ITIL. Fungsi service desk dan focus group discusion digunakan untuk memvalidasi hasil penilaian. Untuk pengembangan kedepannya disarankan agar penelitian dapat mengeksplorasi area kerangka kerja ITIL lainnya, sehingga dapat menambah dan melengkapi panduan penerapan kerangka kerja ITIL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, SIMDA-BMD, ITIL, CMMI-SVC |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | I GEDE SATYA MULYAWAN |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 03:21 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9107 |
Actions (login required)
View Item |