PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA BALI SISWA KELAS VII DI SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Suryadharma, I Gede Ardi (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA BALI SISWA KELAS VII DI SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711021018-COVER.pdf

Download (448kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021018-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021018-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, dan untuk mendeskripsikan validitas multimedia interaktif model hybrid learning pada mata pelajaran bahasa Bali kelas VII, menurut para ahli dan, uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunaan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan multimedia interaktif model hybrid learning pada mata pelajaran bahasa Bali meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Pengembangan multimedia interaktif model hybrid learning pada mata pelajaran bahasa Bali dinyatakan valid berdasarkan : (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,16%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,66%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,63%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,66%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (93,14%). Secara umum hasil penelitian menunjukan multimedia interaktif model hybrid learning pada mata pelajaran bahasa Bali valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Bali siswa kelas VII di SMP Laboratorium Undiksha. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar multimedia pembelajaran interaktif ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan materi pelajaran bahasa Bali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, hybrid learning, bahasa Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I GEDE ARDI SURYADHARMA
Date Deposited: 20 Oct 2021 17:43
Last Modified: 20 Oct 2021 17:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9115

Actions (login required)

View Item View Item