Pratiwi, Ni Luh Pitri Widi (2021) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Education for Sustainable Development Menggunakan Flip PDF Professional pada Muatan Pelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita untuk Siswa Kelas V. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041019-COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041019-ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041019-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Pratiwi, Ni Luh Pitri Widi (2021). “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Education for Sustainable Development Menggunakan Flip PDF Professional pada Muatan Pelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita untuk Siswa Kelas V”. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Dr. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom., M.Kom. Kata-kata kunci: Modul Elektronik; Education for Sustainable Development; Flip PDF Professional Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan unsur-unsur dari tahapan pengembangan, 2) mengetahui dan mendeskripsikan validitas, serta 3) mengetahui dan mendeskripsikan kepraktisan modul elektronik berbasis Education for Sustainable Development menggunakan flip PDF professional pada muatan pelajaran IPA tema lingkungan sahabat kita untuk siswa kelas V. Pengembangan modul elektronik ini dilaksanakan dengan model ADDIE pada tahap analyze, design, development, dan evaluation. Subjek penelitian adalah 2 ahli materi pembelajaran, 2 ahli desain dan media pembelajaran, 2 ahli kepraktisan, 10 guru kelas V di Kecamatan Denpasar Utara, 87 siswa kelas V di SD Negeri 5 Tonja. Data validitas expert dikumpulkan menggunakan angket validasi ahli yang dianalisis dengan Gregory dan Persentase, data validitas empirik dikumpulkan menggunakan angket respon guru dianalisis dengan Product Moment dan Mean observasi, serta data kepraktisan dikumpulkan menggunakan angket respon siswa dianalisis dengan Mean observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) seluruh instrumen mendapatkan nilai 1,0 pada kategori sangat tinggi, penilaian produk ahli materi mendapatkan rerata persentase 97,14%, penilaian produk ahli desain mendapatkan rerata persentase 97%, dan penilaian produk ahli media mendapatkan rerata persentase 95,33%. Seluruh pernyataan pada angket respon guru memiliki nilai rhitung lebih besar dari rtabel serta Mean observasi memperoleh nilai 328,3 pada kategori sangat layak; 2) perhitungan Mean observasi dari hasil angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 174,64 pada kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan modul elektronik yang valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik, Education for Sustainable Development, Flip PDF Professional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | NI LUH PITRI WIDI PRATIWI |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 10:19 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 10:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9208 |
Actions (login required)
View Item |