Yudana, Putu Ari (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI 2D MENGENAI TEMPAT SUCI AGAMA HINDU STUDI KASUS KELAS V (LIMA) SD NEGERI 2 BANJAR TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (Cover)
1515051047-COVER.pdf Download (510kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051047-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051047-DAFTARPUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051047-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Proses pembelajaran di kelas masih banyak mengalami kesulitan, Guru belum belum bisa membuat siswa fokus dan aktif dalam mengikut proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena siswa kurang memperhatikan dan masih terbatasnya media dan buku pelajaran. Oleh karena itu peneliti merasa sangat perlu untuk mengembangkan media berupa video pembelajaran agama hindu dengan materi tempat suci agama hindu untuk anak anak SDN 2 Banjar Tegal yang dapat membantu proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media video pembelajaran pada materi Tempat Suci dalam mata pelajaran Agama Hindu serta mengetahui respown siswa terhadap media video pembelajaran dengan studi kasus di Sekolah Dasar Negeri 2 Banjar Tegal kelas lima. Metode penelitian yang diigunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R & D) pada materi menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan enam tahapan, yaitu tahap concept (pengonsepan), tahap design (perancangan), tahap material Collecting (pengumpulan bahan), tahap assembly (pembuatan), tahap testing (pengujian) dan tahap distribution (pendistribusian). Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan media video pembelajaran agama hindu, yang di anataranya ialah Uji ahli isi dengan hasil 100% sesuai, uji ahli media mendapatkan hasil representasi 100% sesuai dengan adanya revisi, uji respon siswa dengan hasil 90,11% dengan masuk kategori sangat baik, dan uji efektifitas dengan hasil 54% yang berarti media ini masuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Pembelajaran, Animasi 2D, Agama Hindu, Tempat Suci |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Putu Ari Yudana |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 06:07 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9229 |
Actions (login required)
View Item |