Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) Berbasis Daring TerhadapP Hasil Belajar Chasis Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Darma, I Gusti Nyoman Wira (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) Berbasis Daring TerhadapP Hasil Belajar Chasis Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615071018-COVER.pdf

Download (612kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615071018-ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615071018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615071018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615071018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PEMBAHASAN DAN HASIL)
1615071018-BAB 4 PEMBAHASAN DAN HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615071018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615071018-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tentang bagaimana perbedaan hasil belajar chasis antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran SAVI dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen pada mata pelajaran chasis siswa kelas XI TKRO di SMK Negeri 3 Singaraja. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan, Hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual (SAVI). Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan ANOVA. Hasil pengujian hipotesis, hasil belajar chasis siswa kelas eksperimen dan kontrol menyatakan nilai Fhitung = 34,897 dan Ftabel = 4,00 (pada taraf signifikan 5%). Pada hasil belajar chasis kelompok eksperimen dan kontrol adalah Fhitung = 34,807. Maka Fhitung > Ftabel, ini berarti bahwa Fhitung = 34,807 > 4,00, H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan data hasil belajar Chasis siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata skor hasil belajar mata pelajaran SAVI siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI adalah 85,51 sementara rata-rata skor hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional adalah 70,00. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar Chasis siswa XI TKRO di SMK Negeri 3 singaraja. Kata kunci:SAVI, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pemelajaran, SAVI.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I GUSTI NYOMAN WIRA DARMA
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:11
Last Modified: 25 Oct 2021 06:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9365

Actions (login required)

View Item View Item