Mahayuda, Kadek Bima Aditya (2021) Analisis Perbandingan Variasi Penggerak Roda Belakang Berjenis Driving Belt dan Rantai Pada Sepeda Motor Bertransmisi Manual. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615071037-COVER.pdf Download (933kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615071037-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615071037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615071037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615071037-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615071037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615071037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615071037-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui perbandingan gaya traksi yang di hasilkan dari penggerak roda belakang menggunakan rantai dengan v belt. (2) mengetahui perbandingan gaya traksi yang dihasilkan pada ssat menanjak dari penggerak roda belakang menggunakan rantai dengan v belt. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan model Sugiyono (2012). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa (1) Terdapat perbedaan gaya traksi maksimum yang didapat, pada pemindah tenaga menggunakan rantai dengan v belt. Gaya traksi maksimum pada pengguna rantai rata-rata gaya traksi maksimumnya lebih kecil dibandingkan dengan pemindah tenaga menggunakan v belt. dilihat dari data pada tabel (lampiran) Gaya traksi maksimum yang didapat rantai pada gigi 1 di putaran mesin 2500 rpm yaitu 921,36 N sedangkan pada pengguna rantai gigi 1 di putaran mesin 2500 rpm yaitu 957,56 N. yang berarti pengguna v belt lebih bagus gaya traksi yang dihasilkan dibandingkan dengan rantai. (2) Terdapat perbedaan sudut tanjakan yang mampu dilalui pada pemindah tenaga menggunakan rantai dengan v belt. dimana pada pengguna rantai, gigi 1 di putaran mesin 2500 tanjakan yang mampu dilalui pada kecepatan konstan di angka 2,91°, sedangkan pada pengguna v belt, gigi 1 di putaran mesin 2500 tanjakan yang mampu dilalui pada kecepatan konstan dapat di angka 3,01°. Hal ini dikarenakan perbedaan jarak wheel base pada kendaraan pengguna rantai dengan v belt berbeda dimana jarak wheel base pada pengguna rantai yaitu 1,245m, sedangkan pada pengguna v belt 1,250. Yang berarti pengguna v belt lebih bagus pada saat menanjak dibandingkan dengan rantai. Kata kunci: Driving belt, hambatan rolling, transfer daya, rantai, traksi maksimum, torsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Driving belt, hambatan rolling, transfer daya, rantai, traksi maksimum, torsi. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Kadek Bima Aditya Mahayuda |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 07:36 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 07:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9366 |
Actions (login required)
View Item |