Jaya Astika, Ida Kade (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN SASIS SISWA KELAS XII TBSM SMK N 1 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615071003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615071003-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (361kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1615071003-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1615071003-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615071003-BAB 5 KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615071003-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pemeliharaan Sasis Siswa Kelas XII TBSM SMK Negeri 1 Gerokgak. Penelitian ini menggunakan rancangan Post-test Only Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dan lembar tes. Lembar kuesioner digunakan peneliti untuk mengukur keaktifan siswa sedangkan untuk lembar tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII TBSM SMK Negeri 1 Gerokgak Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah kelas XII TBSM 2 berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TBSM 1 berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keaktifan belajar siswa pada taraf signifikansi 0,001, dengan rata-rata nilai keaktifan siswa pada kelas eksperimen sebesar 76,77 dan nilai keaktifan peserta didik kelas kontrol sebesar 65,46; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada taraf signifikansi 0,006, dengan rata-rata nilai hasil belajar 76,13 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar sebesar 65,00. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Pemeliharaan Sasis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Pemeliharaan Sasis. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Ida Kade Jaya Astika |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 09:48 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 09:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9393 |
Actions (login required)
View Item |