PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X TBSM SMK N 1 GEROKGAK

Baruna Yasa, Putu Nirvana (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X TBSM SMK N 1 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615071014-COVER.pdf

Download (487kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615071014-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615071014-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PENELITIAN)
1615071014-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1615071014-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1615071014-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615071014-BAB V PENUTUP.pdf

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615071014-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keaktifan belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MAM) dengan kelompok siswa yang mengikuti model pemblajaran konvensional (2) perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MAM) dengan kelompok siswa yang mengikuti model pemblajaran konvensional (3) perbedaan keaktifan dan hasil belajar secara simultan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MAM) dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Gerokgak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TBSM 1 berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X TBSM 2 Berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam bentuk Kuesioner dan Tes. Lembar kuesioner digunakan untuk mengukur keaktifan siswa dan lembar tes berupa soal objektif digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes, kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan MANOVA. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) rata-rata keaktifan siswa pada kelompok eksperimen sebesar (75,68), pada kelompok kontrol (63,30) (2) rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar (75,00), pada kelompok kontrol sebesar (63,26).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (MAM), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: PUTU NIRVANA BARUNA YASA
Date Deposited: 29 Oct 2021 09:52
Last Modified: 29 Oct 2021 09:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9399

Actions (login required)

View Item View Item