PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dewi, Kadek Putri Krisna (2022) PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511031320-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511031320-ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031320- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (638kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031320- BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031320- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031320- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031320- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031320- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511031320- LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh implementasi pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keterampilan kolaborasi pada siswa kelas V, (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh implementasi pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas V, (3) secara simultan, untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh implementasi pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 144 orang dan sampel penelitian berjumlah 61 orang yang diambil dengan teknik group desain random sampling. Data keterampilan kolaborasi siswa dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa lembar observasi dan data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa (F hitung sebesar 408.608;sig < 0.05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa (F hitung sebesar 135.185;sig = < 0,05), dan (3) secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPS siswa (F hitung 374.305 = ;sig = < 0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TSTS berpengaruh positif terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: KADEK PUTRI KRISNA DEWI
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:30
Last Modified: 28 Jan 2022 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9455

Actions (login required)

View Item View Item