PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA TOPIK KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI KATUNG

Sulaksana, Made Dewanda (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA TOPIK KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI KATUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031151-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031151-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031151-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031151-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031151-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031151-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031151-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031151-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031151-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yang di rancang untuk mengembangkan media video pembelajaran pada topik keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri Katung. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai model penelitian pengembangannya, yang memiliki lima tahapan dalam proses pengembangannya yaitu, analyse (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tiga tahapan yaitu, analisis, desain, dan pengembangan karena terhalang kendala waktu dan finansial. Penelitian in menggunakan metode kuesioner dan instrument rating scale sebagai sarana pengumpulan data, yaitu lembar penilaian yang diujikan oleh dua ahli isi mata pelajaran, dua ahli media dan ahli desain, dan dua ahli praktisi untuk mengetahui validitas media video pembelajaran pada topik keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri Katung. Media video pembelajaran pada topik keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri Katung merupakan subjek dari penelitian pengembangan ini, dan objek penelitiannya adalah validitas media video pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, 88% dan 92% merupakan skor yang diperoleh dari ahli isi mata pembelajaran dengan predikat baik dan sangat baik, 87% dan 92% merupakan skor yang diperoleh dari ahli desain dengan predikat baik dan sangat baik, 88% dan 88% merupakan skor yang diperoleh dari ahli media dengan predikat baik, serta 90% dan 90% merupakan skor yang diperoleh dari ahli praktisi dengan predikat sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran pada topik keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri Katung dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, keliling dan luas bangun datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: MADE DEWANDA SULAKSANA
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:33
Last Modified: 28 Jan 2022 01:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9477

Actions (login required)

View Item View Item