Hubungan Gaya Belajar Dengan Nilai Ujian Blok Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Undiksha Angkatan 2018

Christanto, Michael (2022) Hubungan Gaya Belajar Dengan Nilai Ujian Blok Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Undiksha Angkatan 2018. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text
1818011046-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1818011046-ABSTRAK.pdf

Download (465kB)
[img] Text
1818011046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (538kB)
[img] Text
1818011046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
1818011046-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
1818011046-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
1818011046-BAB 5 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
1818011046-BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
1818011046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)
[img] Text
1818011046-LAMPIRAN.pdf

Download (798kB)

Abstract

Gaya belajar adalah cara yang lebih disukai seseorang untuk belajar dan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Terdapat tiga kategori gaya belajar, yaitu visual, auditori, dan kinestetik yang masing-masing memiliki cara belajar efektifnya tersendiri. Jika seseorang menggunakan gaya belajar secara efektif maka hasil belajar akan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan gaya belajar terhadap nilai ujian blok Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Undiksha angkatan 2018. Populasi dari penelitian ini berasal dari mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Undiksha angkatan 2018 dan pemilihan sampelnya menggunakan Total Sampling. Pengambilan data primer menggunakan menggunakan kuesioner gaya belajar V-A-K DePorter & Hernack dan data sekunder menggunakan nilai ujian blok integrasi semester genap 2020/2021 dari pihak program studi. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Data yang telah dikumpulkan dicatat dalam program Microsoft Excel untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic 25 untuk menilai hubungan antara keduanya yang dianalisis dengan uji analisis korelasi Koefisien Kontingensi sehingga diperoleh angka signifikansi serta menganalisis perbandingan rerata nilai ujian blok integrasi masing-masing gaya belajar dengan uji statistik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya belajar yang paling banyak digunakan adalah gaya belajar visual, jumlah mahasiswa yang memiliki nilai ujian blok di atas standar nilai lulus adalah 18 orang (40,9 %) serta mahasiswa yang memiliki nilai ujian blok di bawah standar nilai lulus adalah 26 orang (59,1 %), gaya belajar tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai ujian blok, dan mahasiswa dengan gaya belajar visual kinestetik mempunyai rerata nilai ujian blok lebih tinggi dibandingkan gaya belajar lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dengan nilai ujian blok Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Undiksha angkatan 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, nilai ujian blok, mahasiswa kedokteran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1)
Depositing User: Michael Christanto
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:39
Last Modified: 14 Feb 2022 02:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9497

Actions (login required)

View Item View Item