Yuniasti, Lainisah Purna (2019) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Kesetimbangan Kimia Di SMA Negeri 2 Banjar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1313031001-COVER.pdf Download (275kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1313031001-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313031001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313031001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1313031001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1313031001-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) kesulitan belajar siswa kelas XI IPA untuk masing-masing konsep pada materi kesetimbangan kimia dan (2) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 2 Banjar. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan guru kimia kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesulitan belajar siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia pada masing-masing konsep yaitu kesulitan memaknai kata setimbang dan menganggap reaksi kesetimbangan homogen merupakan reaksi yang melibatkan adanya unsur penyusun yang sama antara reaktan dengan produk. Kesulitan memahami pengaruh penambahan atau pengurangan pereaksi, tidak bisa menghubungkan antara jumlah mol dengan perubahan tekanan, serta menganggap bahwa katalis dapat mengubah konsentrasi produk dan menggeser kesetimbangan. Kesulitan menjelaskan pengertian tetapan kesetimbangan (Kc/Kp), tidak bisa menuliskan persamaan tetapan kesetimbangan pada reaksi kesetimbangan heterogen. Pemahaman konsep pendukung yang masih kurang tentang persamaan reaksi kimia, reaksi eksoterm dan endoterm, pengaruh perubahan suhu dan tekanan pada pergeseran kesetimbangan, konsep mol, dan konsep konsentrasi zat; (2) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia yakni faktor internal meliputi minat dan motivasi belajar yang rendah, dan faktor eksternal meliputi kurangnya sumber belajar yang dimiliki siswa, cara guru dalam menyampaikan materi kimia, waktu pembelajaran yang kurang kondusif, dan pengaruh teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar, kesetimbangan kimia, faktor internal, faktor eksternal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Lainisah Purna Yuniasti |
Date Deposited: | 20 Oct 2019 23:51 |
Last Modified: | 20 Oct 2019 23:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/96 |
Actions (login required)
View Item |