Wirahyuni, Kadek (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI AFEKTIF BERBASIS DIGITAL PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1939021001-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1939021001-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1939021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1939021001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1939021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1939021001-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan instrumen evaluasi afektif, hasil dan proses pengembangan instrumen evaluasi afektif, kualitas instrumen evaluasi afektif, dan keefektifan instrumen evaluasi afektif berbasis digital pada pembelajaran MPK Bahasa Indonesia di Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model ADDIE. Data diperoleh dari observasi, kuesioner, dan skala Likert yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penelitian ini dilakukan atas dasar belum tersedianya instrumen evaluasi afektif berbasis digital pada pembelajaran MPK Bahasa Indonesia di Universitas Pendidikan Ganesha, 2) proses pengembangan instrumen evaluasi berbasis digital pada pembelajaran MPK Bahasa Indonesia di Universitas Pendidikan Ganesha ini terdiri atas sembilan tahapan, yaitu menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran, menelaah instrumen, merakit instrumen, melakukan ujicoba, menganalisis hasil ujicoba, mengevaluasi hasil ujicoba. Tahapan tersebut ada dalam pengembangan model ADDIE. Penelitian ini menghasilkan 480 soal pengembangan instrumen evaluasi afektif; 3) instrumen evaluasi afektif berbasis digital memiliki tingkat validitas dan reliabilitas sangat tinggi dengan jumlah 77 soal valid dan 0.915 nilai Cronbach's Alpha, instrumen evaluasi afektif berbasis digital masuk kategori sangat praktis dengan skor sebesar 81.44; dan 4) penggunaan instrumen evaluasi afektif berbasis digital termasuk dalam kualifikasi sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan instrumen afektif, MPK Bahasa Indonesia, instrumen berbasis digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S3) |
Depositing User: | KADEK WIRAHYUNI |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 07:34 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 07:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9651 |
Actions (login required)
View Item |