PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INGGRIS BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR ABAD KE 21

WAHONO, SUPARWOTO SAPTO (2022) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INGGRIS BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR ABAD KE 21. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1639021001-COVER.pdf

Download (304kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1639021001-ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1639021001-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1639021001-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1639021001-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639021001-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1639021001-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1639021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1639021001-LAMPIRAN.pdf

Download (41MB)

Abstract

Fungsi buku ajar adalah mendukung aktivitas belajar yang efektif. Tujuan penelitian ini menghasilkan buku ajar, mendeskripsikan, dan mengetahui validitas dan efektivitas buku ajar bahasa Inggris berbasis kecakapan belajar abad 21. Model penelitian menggunakan design and development research (DDR). Subjek penelitian meliputi ahli buku ajar dan bahasa Inggris, dosen dan mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, FGD dan tes. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk buku ajar bahasa Inggris sebagai hasil dari proses penelitian yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan, penilaian ahli, revisi, uji coba terbatas, evaluasi dan produk akhir. Nilai rerata validitas dari subyek penelitian adalah 95.57%. Nilai rata-rata efektivitas produk adalah 90.43%. Rentang nilai 81-100 dikategorikan sangat valid dan sangat efektif. Kesimpulannya adalah produk buku ajar sangat valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di IAIN Jember. Novelti penelitian ini adalah belum ada riset sejenis terutama di Pendidikan Tinggi Islam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku ajar mata kuliah bahasa Inggris, kecakapan belajar abad 21
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S3)
Depositing User: Suparwoto Sapto Wahono
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:32
Last Modified: 16 Feb 2022 06:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9874

Actions (login required)

View Item View Item