Developing Digital Present Tense Supplementary Material by Using Quizizz for Freshman Students in English Language Education Study Program

Dewi, Ni Kadek (2022) Developing Digital Present Tense Supplementary Material by Using Quizizz for Freshman Students in English Language Education Study Program. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021184-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021184-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021184-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021184-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021184-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021184-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021184-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021184-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021184-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pelengkap digital sebagai media pengajaran dan menilai materi present tense menggunakan aplikasi Quizizz untuk mahasiswa baru di Program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitian Design and Development (DnD) yang diusung oleh Richey & Klein (2005). Penelitian DnD terdiri dari tiga langkah, yaitu desain, pengembangan, dan evaluasi. Pra-observasi telah dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Pada pra observasi ditemukan bahwa penggunaan media dan penilaian pembelajaran masih monoton dalam proses belajar mengajar. PowerPoint, live worksheet adalah media yang paling banyak digunakan di kelas oleh dosen bahasa Inggris di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Dalam mengembangkan materi pelengkap digital sebagai media pembelajaran dan sebagai penilain materi present tense, beberapa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan penelitian, blueprint untuk pengembangan media, lembar evaluasi ahli isi, dan ahli media. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menganalisis silabus mata kuliah IEC, menganalisis permasalahn mahasiswa dalam pembelajaran present-tense, merancang blueprint dan materi pelengkap present tense, mengembangkan produk, dan expert judgement. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Prosedur pengembangan produk dianalisis secara kualitatif dan untuk kualitas pengembangan produk dianalisis secara kuantitatif. Kualitas materi pelengkap digital present tense ini dinilai menggunakan penilaian ahli konten dan ahli media oleh para ahli. Penelitian ini menggunakan lima topik berdasarkan silabus IEC, yaitu topik describing people, places, and locations, telling daily activities, describing what people are wearing, and comparing people and things. Pengembangan materi pelengkap digital present tense didukung dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Hasil dari materi pelengkap digital tergolong media pembelajaran yang sangat baik untuk mengajar dan menilai materi present tense bagi mahasiswa baru di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Materi pelengkap digital, aplikasi Quizizz, present tense
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Liana Dewi
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:37
Last Modified: 16 Feb 2022 07:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9880

Actions (login required)

View Item View Item