DEVELOPING A MULTILINGUAL THEMATIC DIGITAL DICTIONARY FOR FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS

Dewi, Ni Putu Desy Krisna (2022) DEVELOPING A MULTILINGUAL THEMATIC DIGITAL DICTIONARY FOR FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021023-COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021023-ABSTRAK..pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021023-BAB 1 PENDAHULUAN..pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021023-BAB 2 KAJIAN TEORI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021023-BAB 5 PENUTUP..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021023-DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (463kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021023-LAMPIRAN..pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan kamus digital tematik multibahasa untuk siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Desain dan pengembangan (D&D) oleh Richey dan Klein (2007) yang terdiri dari empat step, yakni ADDE (Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi). Subjek dari penelitian ini ialah guru dan siswa kelas 5 sekolah dasar di sembilan kecamatan, kabupaten Buleleng. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuisioner, obervasi, dan interview. Penelitian ini mengadaptasi dan memodifikasi model analisis kebutuhan dari Hutchinson dan Waters (1987) dalam memeroleh informasi terkait kebutuhan siswa dan guru. Pada step desain, penelitian ini mengadopsi tiga langkah dari Rozali, dkk (2015). Pada tahap pengembangan, penelitian ini melakukan 5 langkah dalam dalam mengembangkan kamus. Kemudian, hasil akhir dari produk dievaluasi melalui penilaian konten validitas dan kualitas. Hasil penilian dari kualitas dianalisis dengan menggunakan formula dari Nurkancana & Sunartana (1992). Hasil tersebut menunjukan bahwa kamus digital tematik tiga bahasa termasuk dalam kategori media yang “sangat baik”. Maka dari itu, kamus digital tematik tiga bahasa dapat digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelejaran siswa kelas lima sekolah dalam mengembangkan keterampilan literasi. Kamus ini terdiri dari tiga arti bahasa, yang juga meliputi gambar untuk memperkenalkan wujud dari kata yang disertakan, suara untuk mengetahui pelafalan yang benar, dan juga meliputi contoh kalimat. Kamus ini focus pada 10 tema berdasarkan kelas 5 sekolah dasar. Kamus ini direkomendasikan untuk siswa dan guru bahasa inggris sebagai media pembelajaran. Untuk peneliti lainnya diharapkan dapat mengimplementasikan kamus di lapangan guna untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan kamus digital tematik tiga bahasa untuk siswa kelas 5 sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kamus digital tematik tiga bahasa, pembelar anak, literasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Desy Krisna Dewi
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:43
Last Modified: 16 Feb 2022 07:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9883

Actions (login required)

View Item View Item