Dewi, Ni Putu Desy Krisna (2022) DEVELOPING A MULTILINGUAL THEMATIC DIGITAL DICTIONARY FOR FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021023-COVER..pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021023-ABSTRAK..pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021023-BAB 1 PENDAHULUAN..pdf Download (431kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021023-BAB 2 KAJIAN TEORI..pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021023-BAB 5 PENUTUP..pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021023-DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (463kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021023-LAMPIRAN..pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan kamus digital tematik multibahasa untuk siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Desain dan pengembangan (D&D) oleh Richey dan Klein (2007) yang terdiri dari empat step, yakni ADDE (Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi). Subjek dari penelitian ini ialah guru dan siswa kelas 5 sekolah dasar di sembilan kecamatan, kabupaten Buleleng. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuisioner, obervasi, dan interview. Penelitian ini mengadaptasi dan memodifikasi model analisis kebutuhan dari Hutchinson dan Waters (1987) dalam memeroleh informasi terkait kebutuhan siswa dan guru. Pada step desain, penelitian ini mengadopsi tiga langkah dari Rozali, dkk (2015). Pada tahap pengembangan, penelitian ini melakukan 5 langkah dalam dalam mengembangkan kamus. Kemudian, hasil akhir dari produk dievaluasi melalui penilaian konten validitas dan kualitas. Hasil penilian dari kualitas dianalisis dengan menggunakan formula dari Nurkancana & Sunartana (1992). Hasil tersebut menunjukan bahwa kamus digital tematik tiga bahasa termasuk dalam kategori media yang “sangat baik”. Maka dari itu, kamus digital tematik tiga bahasa dapat digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelejaran siswa kelas lima sekolah dalam mengembangkan keterampilan literasi. Kamus ini terdiri dari tiga arti bahasa, yang juga meliputi gambar untuk memperkenalkan wujud dari kata yang disertakan, suara untuk mengetahui pelafalan yang benar, dan juga meliputi contoh kalimat. Kamus ini focus pada 10 tema berdasarkan kelas 5 sekolah dasar. Kamus ini direkomendasikan untuk siswa dan guru bahasa inggris sebagai media pembelajaran. Untuk peneliti lainnya diharapkan dapat mengimplementasikan kamus di lapangan guna untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan kamus digital tematik tiga bahasa untuk siswa kelas 5 sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kamus digital tematik tiga bahasa, pembelar anak, literasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Desy Krisna Dewi |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 07:43 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 07:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9883 |
Actions (login required)
View Item |