Risal, Gede (2022) Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dan Kondisi Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021014-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021014-ABSTRAK.pdf Download (406kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (452kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021014-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Rendahnya prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu menjadi masalah utama yang dikaji pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar fisika, (2) hubungan antara kondisi lingkungan keluarga dengan prestasi belajar fisika, dan (3) hubungan antara motivasi belajar siswa dan kondisi lingkungan keluarga dengan prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluru siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu yang berjumlah 204 orang. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling yang berjumlah 135 siswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan pilihan ganda. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner motivasi belajar siswa dan kondisi lingkungan keluarga masing – masing sebesar 0,834 dan 0,856, sedangkan tes prestasi belajar sebesar 0,755. Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas, linearitas dan keberartian arah regresi, multikolinieritas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Hasil penelitian menemukan bahwa prestasi belajar fisika siswa berapa pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 50,190. Kesimpulan menunjukkan terdapat (1) hubungan positif antara motivasi belajar siswa dan prestasi belajar fisika dengan,F_hitung=6,036dan R=0,208,. dan sumbangan efektif sebesar 2,90 %, (2) hubungan positif antara kondisi lingkungan keluarga dan prestasi belajar fisika dengan,F_hitung=4,835dan R=0,107 dan sumbangan efektif sebesar 2,50 %., (3) hubungan positif antara motivasi belajar siswa dan kondisi lingkungan keluarga dengan prestasi belajar fisika dengan F_hitung=5,781 dan R=0,235 dan sumbangan efektif sebesar 5,5 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar siswa, prestasi belajar fisika, kondisi lingkungan keluarga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Gede Risal |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 05:54 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 05:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9891 |
Actions (login required)
View Item |