Penggunaan Sarana Pembelajaran Buatan Guru pada Proses Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMK Negeri Bali Mandara

Dewi, Putu Sri Laksmi (2022) Penggunaan Sarana Pembelajaran Buatan Guru pada Proses Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMK Negeri Bali Mandara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011007-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011007-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1712011007-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712011007-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Deskriptif-Kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hambatan-hambatan guru dan siswa serta respons siswa terhadap penggunaan bahan ajar buatan guru pada PJJ Luring bahasa Indonesia di kelas X SMKNh Bali Mandara. Subjek penelitian ini yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X SMKN Bali Mandara yang mengikuti PJJ secara Luring. Objek penelitian ini yaitu, proses pelaksanaan, hambatan-hambatan yang dialami guru dan siswa, serta respons siswa terhadap penggunaan sarana pembelajaran buatan guru pada proses PJJ Luring. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : proses pelaksanaan PJJ Luring berhasil di terapkan dengan cukup baik. Hambatan-hambatan yang diperoleh guru dan siswa yakni, guru kesulitan memberikan pemahaman secara intens terkait bahan ajar yang diberikan, guru kesulitan untuk memberikan inovasi-inovasi yang kreatif terhadap tugas-tugas yang melibatkan fasilitas tertentu, komunikasi yang kurang intens antara siswa dan guru serta jaringan internet yang kurang stabil Ketika siswa hendak mengikuti pembelajaran. Respons peserta didik terkait penggunaan sarana pembelajaran buatan guru pada proses PJJ Luring yaitu cukup baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata minat siswa 60%, respon yaitu 64%, serta efektivitas sarana pembelajaran, hasil rata-ratanya 65% dengan kualifikasi keefektivan cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Luar Jaringan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Putu Sri Laksmi Dewi
Date Deposited: 17 Feb 2022 13:35
Last Modified: 17 Feb 2022 13:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9906

Actions (login required)

View Item View Item