A MULTILINGUAL THEMATIC DIGITAL DICTIONARY FOR FOURTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS: A RESEARCH AND DEVELOPMENT

Putri, Sang Ayu Made Diah Utami (2022) A MULTILINGUAL THEMATIC DIGITAL DICTIONARY FOR FOURTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS: A RESEARCH AND DEVELOPMENT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021004-COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021004-ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021004-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melanjutkan penelitian terdahulu dalam mengembangkan kamus multibahasa tematik bergambar sebagai media ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kamus multibahasa tematik berbasis digital yang dapat diakses pada situasi luring ataupun daring. Penelitian ini bertujuan untuk menyempurnakan media pada penelitian terdahulu untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas empat sekolah dasar yang merujuk pada perkembangan teknologi pada era digital. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian Desain dan Development (D&D) oleh Richey dan Klein (2007), khususnya D&D tipe 1 dengan model ADDE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas empat Sekolah Dasar di sembilan sekolah se-Kabupaten Buleleng dengan menggunakan teknik purposed sampling. Data yang dikumpulkan sebagai data awal berupa observasi, wawancara, dan kuisioner untuk mengetahui kondisi awal dari pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah sampel. Data yang dikumpulkan akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dari hasil observasi ruang kelas dan perpustakaan, wawancara terhadap guru dan siswa, serta kuisioner guru dan siswa akan dianalisis secara kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif adalah data berupa validitas konten dan penilaian terhadap kualitas produk yang telah dikembangkan. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah kamus multibahasa yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Bali yang dilengkapi dnegan contoh kalimat serta suara sebagai kebaharuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa membutuhkan kamus yang dapat mendukung peningkatan literasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan sesuai kemampuan pada abad ke 21, (2) Produk yang dihasilkan berupa kamus digital multibahasa tematik dengan menggunakan tahapan menganalisis, mendesain, mengembangkan, dan mengevalusai. Untuk tahapan mendesain dan mengembangkan, penelitian ini mengadopsi teori dari Rozali, dkk (2015), dan (3) Isi kamus dangat relevan dengan kriteria kamus digital tematik bergambar sehingga kamus digital yang telah dikembangkan dapat dikategoorikan sebagai media yang sangat baik berdasarkan penilaian validitas konten dan kualitas oleh ahli. Kata kunci: literasi, kamus digital tematik multibahasa, pembelajar anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: literasi, kamus digital tematik multibahasa, pembelajar anak-anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Sang Ayu Made Diah Utami Putri
Date Deposited: 16 Feb 2022 13:02
Last Modified: 16 Feb 2022 13:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9907

Actions (login required)

View Item View Item