Nugraha, I Made Juliawan Wisnu (2022) UPAYA PENYELESAIAN WANPRESTASI YANG DILAKUKAN PELANGGAN TERHADAP PT. MENSANA DALAM PERJANJIAN JUAL BELI OBAT TERNAK DI PT. MENSANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714101024_COVER.pdf Download (626kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714101024_ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714101024_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1714101024_BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1714101024_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1714101024_BAB 4 HASIL PENELELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714101024_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714101024_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (467kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714101024_LAMPIRAN.pdf Download (69kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana tindakan PT. MENSANA terhadap para pelanggan atau konsumen yang melakukan tindakan wanprestasi dalam perjanjian jual beli obat ternak, dan untuk (2) mengetahui bagaimana penyelesaian wanprestasi oleh PT. MENSANA terhadap pelanggan atau konsumen obat ternak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris yang memaparkan das sein dan das sollen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, wawancara, serta observasi atau pengamatan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan merinci data - data yang dikumpulkan selama dilakukannya penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) tindakan yang dilakukan oleh PT. MENSANA untuk pelanggan yang melakukan wanprestasi adalah dengan melakukan tiga kali kunjungan rutin, kunjungan pertama untuk pemberian nota tagihan, kunjungan kedua untuk observasi, dan kunjungan ketiga untuk penagihan kembali hingga pengambilan harta benda ajika pelanggan mengalami kepailitan. Sedangkan (2) upaya penyelesaian wanprestasi di PT. MENSANA terhadap pelanggan ditempuh dengan jalur kekeluargaan (Non Litigasi) atau tidak melalui pengadilan. Kata Kunci: Penyelesaian, Wanprestasi, Perjanjian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyelesaian, Wanprestasi, Perjanjian |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | I Made Juliawan Wisnu Nugraha |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 06:34 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 06:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9911 |
Actions (login required)
View Item |