Developing A Teachers’ Guide for Teaching English Literacy Using Blended Learning for Level 2 Beginners

Utami, Luh Putu Restu Adi (2022) Developing A Teachers’ Guide for Teaching English Literacy Using Blended Learning for Level 2 Beginners. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029081033-COVER.pdf

Download (836kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029081033-ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029081033-LAMPIRAN.pdf

Download (667kB)

Abstract

Literasi bahasa Inggris sangat penting di era pendidikan abad ke-21 dan merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang harus dikuasai setiap orang sejak usia dini. Meskipun penting untuk dipelajari sejak dini, observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar SD negeri di Bali belum memiliki program literasi dengan implementasi yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan guru untuk mempromosikan literasi bahasa Inggris menggunakan blended learning untuk tingkat 2 pemula. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan et al. (1974): define, design, develop dan disseminate. Dalam tahap define karakteristik tahapan yang dihasilkan dari produk yang dibutuhkan untuk mengajar bahasa Inggris untuk pemula level 2. Pada tahap design, draf awal produk dihasilkan. Tahap pengembangan menghasilkan draf akhir produk dan melakukan pengujian produk dalam lingkup terbatas. Enam unit pelajaran dirancang dalam panduan guru ini dengan beberapa penyesuaian dengan karakteristik pemula level 2. Penilaian kualitas dilakukan untuk menilai kualitas produk dari tiga juri ahli. Hal ini menunjukkan bahwa pedoman guru termasuk dalam kategori sangat tinggi. Artinya, pedoman guru yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik. Uji coba produk melibatkan tiga puluh siswa kelas dua SD Saraswati Tabanan sebagai peserta. Perlakuan tersebut diberikan selama satu bulan. Pre-test dan post-test digunakan melalui penugasan. Uji t sampel berpasangan menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang didapat adalah 0,000. Artinya penerapan panduan guru berpengaruh signifikan terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa. Penelitian ini menyarankan bahwa guru harus meningkatkan kegiatan literasi untuk siswa pemula serta keterlibatan orang tua mereka yang memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan kognitif, emosional, dan sosial siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahasa Inggris, blended learning, literasi, panduan guru, pemula
Subjects: L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Luh Putu Restu Adi Utami
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:03
Last Modified: 17 Feb 2022 02:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9945

Actions (login required)

View Item View Item