CLASSROOM LANGUAGE USED BY EFL TEACHER DURING DISTANCE LEARNING: AN ANALYSIS OF CHOICE AND FUNCTION IN SMP NEGERI 6 KINTAMANI

Wirasatya, Gede Didit Ogi (2022) CLASSROOM LANGUAGE USED BY EFL TEACHER DURING DISTANCE LEARNING: AN ANALYSIS OF CHOICE AND FUNCTION IN SMP NEGERI 6 KINTAMANI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021050 - COVER.pdf

Download (820kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021050 - ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021050 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021050 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021050 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021050 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021050 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021050 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021050 - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) platform pembelajaran yang digunakan oleh guru EFL, 2) pilihan bahasa kelas yang paling banyak digunakan oleh guru EFL, 3) fungsi bahasa kelas yang diterapkan oleh guru EFL selama pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 6 Kintamani. Penelitian ini digolongkan ke metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan desain studi kasus. Satu-satunya subjek dari data ini adalah seorang guru bahasa Inggris yang mengajar siswa kelas tujuh khususnya H dan I (diberi label A sampai I). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Ada tiga hasil utama dari penelitian ini. Pertama, guru EFL di SMP N 6 Kintamani memilih WhatsApp sebagai platform pembelajaran dan sepenuhnya mengimplementasikan bahasa kelas melalui aplikasi WhatsApp. Kedua, ditemukan bahwa penggunaan bahasa campuran (41,08%) adalah pilihan bahasa kelas tertinggi yang digunakan oleh guru EFL, diikuti dengan penggunaan bahasa pertama (L1) (40,82%), dan penggunaan bahasa target (TL) (18,08%) adalah yang terendah. Selain itu, ada 15 bahasa kelas yang digunakan oleh guru EFL dalam 10 pertemuan. Selain itu, ketiga, guru EFL hanya mengimplementasikan 11 dari 13 fungsi bahasa kelas. Selain itu, fungsi ‘menganalisis dan membuktikan atau berdebat’ tidak diimplementasikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Kelas, Platform Pembelajaran, Pilihan dan Fungsi Bahasa Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Gede Didit Ogi Wirasatya
Date Deposited: 19 Feb 2022 13:00
Last Modified: 19 Feb 2022 13:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9949

Actions (login required)

View Item View Item