Gusta Sukadana, I Made (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KOGNITIF PADA MATERI BILANGAN BULAT UNTUK SISWA TUNARUNGU SMPLB KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011044-COVER.pdf Download (14MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011044-ABSTRAK.pdf Download (479kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (437kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011044-LAMPIRAN.pdf Download (837kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran matematika untuk siswa tunarungu. Multimedia yang dikembangkan bernama “Multimedia Pembelajaran Matematika materi Bilangan Bulat”. Tujuan dari peneliti ini adalah: (1) mendeskripsikan rancangan pengembangan multimedia, (2) mengetahui karakteristik multimedia berdasarkan validitas dan kepraktisannya, (3) mengetahui respon pengguna terhadap multimedia. Prosedur pengembangan media ini menerapkan model penelitian 4D (define, design, develop, dan disseminate) namun hanya sampai pada tahap develop karena keterbatasan waktu dan kemampuan peneliti. Media ini dirancang dengan memiliki beberapa konten diantaranya, yaitu kompetensi dasar, materi, latihan, dan evaluasi. Validitas multimedia dinilai oleh 4 orang ahli, ahli media memberikan skor 29, ahli materi memberikan skor 30, ahli desain pembelajaran memberikan skor 33, dan ahli bahasa memberikan skor 28. Ke empat skor ini berada pada ‘Baik’. Kepraktisan multimedia ini dinilai 2 orang guru yang masing memeberikan skor 96 dan 93. Ke empat skor ini berada pada ‘Sangat Baik’. Sebagian besar siswa merasa tertarik menggunakan multimedia yang dikembangkan. Kesimpulannya multimedia pembelajaran matematika materi bilangan bulat valid digunakan sebagai media pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bilangan bulat, multimedia, tunarungu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Made Gusta Sukadana |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 06:53 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 06:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9988 |
Actions (login required)
View Item |