Verayanti, Ni Made (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN DESAIN PUBLIKASI. Undergraduate thesis, universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051036-COVER.pdf Download (796kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051036-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051036-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan konten pembelajaran interaktif mata pelajaran Desain Publikasi sangat diperlukan untuk menarik minat siswa dalam belajar Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan, mengimplementasikan dan mendeskripsikan respons guru dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis Experiential Learning pada mata pelajaran Desain Publikasi di SMK Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan ( R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Desain Komunikasi Visual dan satu guru pengajar mata pelajaran Desain Publikasi. Dalam penelitian ini, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, kelompok kecil, lapangan, angket uji respons guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan dan implementasi konten pembelajaran interaktif berbasis experiential learning pada mata pelajaranDesain Publikasi berhasil diterapkan berdasarkan hasil uji validasi dari ahli isi, ahli desain dan media pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 1,00 dengan kriteria Sangat Valid, 2) Hasil uji efektivitas konten pembelajaran interaktif dengan pemberian pre-test dan post-test memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan interpretasi efektif, 3) Hasil dari perhitungan respons guru mendapatkan skor rata-rata sebesar 43 dan skor rata-rata peserta didik sebesar 64.31, kedua perhitungan tersebut termasuk dalam kategori Sangat Praktis. Kata kunci: Konten Interaktif, Desain Publikasi, Experiential Learning, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Interaktif, Desain Publikasi, Experiential Learning, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > NE Print media |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Verayanti |
Date Deposited: | 19 Feb 2022 13:44 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 13:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10080 |
Actions (login required)
View Item |