Puspitasari, Ni Putu Desra (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN BESERTA FUNGSINYA KELAS IV DI SD 3 JIMBARAN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031208-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031208-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031208-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (520kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031208-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031208-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031208-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031208-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031208-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031208-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kurang bervariasinya pemilihan model dan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA yang menyebabkan siswa kesulitan dalan memahami materi pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis model discovery learning pada muatan IPA kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, evaluations. Subjek uji coba produk pada penelitian pengembangan ini yaitu terdiri dari ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran serta siswa kelas IV di SD 3 Jimbaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket/kuesioner dengan instrument berupa lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu, (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis model discovery learning ini outputnya berupa aplikasi yang didalamnya berisi tentang unsur-unsur multimedia interaktif seperti teks, gambar, suara, video, animasi, dan navigasi. (2) Hasil kelayakan multimedia interaktif berbasis model discovery learning menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan (a) hasil review ahli isi pembelajaran (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran (94,40%), (c) hasil review ahli media pembelajaran (95,80%), (d) hasil uji coba perorangan (92,50%), dan hasil uji coba kelompok kecil (94,16%). Keseluruhan hasil kelayakan multimedia interaktif tersebut berkualifikasi sangat baik dan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, IPA, Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Desra Puspitasari |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 05:34 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 05:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10539 |
Actions (login required)
View Item |