JUNIARI, NI PUTU EKA (2022) PENGARUH SELF REGULATED E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMK PARIWISATA BUDAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1729071009_COVER.pdf Download (564kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729071009_ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729071009_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729071009_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729071009_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729071009_ BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729071009_ BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729071009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729071009_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar dan kemandirian belajar antara siswa yang belajar dengan Self Regulated E-learning dan Direct E-learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan non equivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pariwisata Budaya Tahun Pelajaran 2020/2021, yang terdiri atas tiga kelas (89 siswa). Sampel penelitian ini adalah dua kelas (59 siswa) yang ditetapkan menggunakan teknik simple random sampling, yang selanjutnya ditetapkan pula secara random untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data prestasi belajar dan kemandirian belajar dikumpulkan dengan tes essay. Analisis data menggunakan ujistatistik Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) satu jalur. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan prestasi belajar dan kemandirian belajar secara bersama – sama antara siswa yang belajar dengan self regulated e-learning dan direct e-learning (F = 83.637 ; p = 0,001 0,05); (2) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan self regulated e-learning dan direct e-learning (F = 36,907; p = 0001 0,05); (3) terdapat perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang belajar dengan self regulated e-learning dan direct e-learning (F = 4,317; p = 0,046 < 0,05). Model Self regulated e-learning berpengaruh lebih besar dibandingkan model direct e-learning terhadap prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa kelas X SMK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Self regulated e-learning, prestasi belajar dan kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Eka Juniari |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 07:47 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 07:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10582 |
Actions (login required)
View Item |