PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA MENINGKATKAN KELELAHAN DAN KEBOSANAN SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA

Devy, Yitha Kartika (2020) PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA MENINGKATKAN KELELAHAN DAN KEBOSANAN SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041034-COVER.pdf

Download (888kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041034-ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1613041034-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1613041034-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613041034-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041034-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1613041034-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041034-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan full day school di SMA Negeri 4 Singaraja dapat meningkatkan kelelahan dan kebosanan serta kontribusinya terhadap siswa. Penelitian ini berupa eksperimental lapangan (field eksperimental) dengan rancangan randomized pre and post test group design, dilakukan penilaian berupa: (a) peningkatan kelelahan siswa akibat full day school yang didata dengan kuesioner 30 items of rating scale of general fatigues; (b) peningkatan kebosanan dalam pembelajaran akibat full day school yang didata dengan kesioner kebosanan dalam pembelajaran; (c) kontribusi kelelahan dan kebosanan terhadap prestasi belajar yang didata dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Pendataan dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap 33 sampel selama 3 (tiga) hari. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-dependent sampel pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kelelahan sebesar 42,04%, kebosanan dalam pembelajaran adalah 33,70% (p<0,05), dan kontribusi terhadap prestasi belajar adalah 7,4% (p>0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan full day school di SMA Negeri 4 Singaraja meningkatkan kelelahan dan kebosanan serta kontribusinya terhadap prestasi belajar hanya sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Full day school, kelelahan, kebosanan, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: YITHA KARTIKA DEVY
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:07
Last Modified: 24 Feb 2020 03:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item