Damayanti, Made Shinta Diah (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MUATAN IPA KELAS V SD NO. 5 ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031111-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031111-ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (493kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031111-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031111-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031111-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031111-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan LKPD sebagai bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013. Selain itu, pemanfaatan teknologi kurang dimanfaatkan dalam mengembangkan bahan ajar yang menarik bagi peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun LKPD interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pernapasan manusia muatan IPA kelas V SD No. 5 Abiansemal tahun ajaran 2021/2022 dan untuk mengetahui kelayakan LKPD interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pernapasan manusia muatan IPA kelas V SD No. 5 Abiansemal tahun ajaran 2021/2022. LKPD interaktif dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan metode wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Rancang bangun dari LKPD interaktif berbasis pendekatan saintifik dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) Kelayakan LKPD interaktif berdasarkan uji coba produk yang meliputi (a) hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase 90, 38% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase 88,46% dengan kualifikasi baik, (d) hasil uji coba perorangan memperoleh persentase 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 96,11% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD interaktif, ADDIE, saintifik, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Shinta Diah Damayanti |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:17 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10745 |
Actions (login required)
View Item |