Adnyana, I Nyoman Gede Wisnu (2022) THE EFFECT OF WORDWALL BASED MEDIA ON STUDENTS' PROCEDURE TEXT ACHIEVEMENT IN NINTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 4 NUSA PENIDA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021035-COVER.pdf Download (984kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021035-ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021035-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui adanya efek signifikan dalam proses pembelajaran procedure text dengan menggunakan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran di kelas Sembilan SMP Negeri 4 Nusa Penida. Penelitian ini menggunakan research design quasi-experimental dengan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas sembilan. Terdapat dua grup yaitu grup eksperimental dimana dalam grup ini menggunakan aplikasi Wordwall dalam proses pembelajaran dan grup kontrol yang dimana tidak menggunakan aplikasi Wordwall dalam proses pembelajaran. Kedua group dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Setelah data terkumpulkan dan dihitung menggunakan SPSS 23.0 dengan mencari descriptive statistical analysis dan inferential statistical analysis. Hasil dari descriptive statistical analysis menunjukan hasil mean dari experimental group yaitu 77.20, sedangkan mean dari control group yaitu 73.70. sementara itu, hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai tobs adalah 2,112 dan nilai Sig. (1-tailed) adalah 0,0195. Karena nilai Sig. (1-tailed) lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05) dan t teramati lebih besar dari t nilai kritis (2,112 > 2,001), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi menulis antara siswa yang diajar dengan menggunakan “Aplikasi Wordwall” dan yang tidak diajar dengan menggunakan “Aplikasi Wordwall”. Hal ini menunjukkan bahwa “Aplikasi Wordwall” berpengaruh signifikan terhadap prestasi menulis prosedur siswa kelas IX SMP Negeri 4 Nusa Penida tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | procedure text, aplikasi Wordwall, kemampuan menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Gede Wisnu Adnyana |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 03:55 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 03:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10824 |
Actions (login required)
View Item |