Astri, Ni Kadek Dewi (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR KELAS IV SD NO. 3 BUDUK TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031225-COVER.pdf Download (437kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031225-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031225-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031225-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1811031225-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031225-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031225-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031225-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031225-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan khususnya tingkat sekolah dasar belum sepenuhnya optimal sehingga mempengaruhi proses pelaksanaan pembelajaran yang berdampak pada kualitas pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual dikemas dalam bentuk aplikasi yang memuat materi penjelasan pokok bahasan bangun datar, dan latihan soal, serta memperoleh skor 100,00% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil uji kelayakan produk oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 92,50% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan pada 3 orang siswa memperoleh persentase skor 95% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil uji coba kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh persentase skor 96,67% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan dari hasil uji coba produk dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Matematika, Kontekstual, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dewi Astri |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 08:33 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 08:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10856 |
Actions (login required)
View Item |