Dewi, Anak Agung Ayu Laksmi (2022) PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MUATAN MATERI PENGENALAN BANGUN RUANG SISWA KELAS I SD NEGERI 4 PEMECUTAN DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031130-COVER.pdf Download (782kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031130-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031130-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (509kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031130-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031130-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031130-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031130-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031130-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (738kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031130-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses rancang bangun dan mengetahui kelayakan LKPD interaktif menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis etnomatematika pada muatan materi pengenalan bangun ruang siswa kelas I SD Negeri 4 Pemecutan Denpasar. Subjek penelitian ini yaitu 1 ahli materi pembelajaran matematika, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 31 peserta didik untuk uji coba produk. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) rancang bangun LKPD interaktif menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis etnomatematika menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (a) analysis, (b) design, (c) development, (d) implementation, (e) evaluation; (2) LKPD interaktif menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis etnomatematika dinyatakan sangat layak berdasarkan: (a) hasil review ahli materi pembelajaran matematika dengan kualifikasi sangat baik (94,64%), (b) hasil review desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,75%), (c) hasil review media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (97,05%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,15%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (94,44%), dan (f) hasil uji coba kelompok besar dengan kualifikasi sangat baik (91,65%). Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa LKPD interaktif menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis etnomatematika layak digunakan pada kegiatan pembelajaran. Diharapkan guru termotivasi dalam mengembangkan bahan ajar yang kreatif, inovatif, dan dekat dengan lingkungan sekitar peserta didik, sehingga peserta didik dapat termotivasi dalam belajar dan proses pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD interaktif, Predict Observe Explain (POE), matematika, etnomatematika, bangun ruang. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Ayu Laksmi Dewi |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:19 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10986 |
Actions (login required)
View Item |