Permana, I Gusti Agung (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING MUATAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 3 PEGUYANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031321-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031321-ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031321-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (633kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031321-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031321-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031321-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031321-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031321-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031321-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan video pembelajaran animasi berbasis discovery learning muatan IPA materi sistem pernapasan manusia di kelas V SD Negeri 3 Peguyangan, dan 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran animasi berbasis discovery learning muatan IPA materi sistem pernapasan manusia di kelas V SD Negeri 3 Peguyangan. Penelitian ini menggunakan jenis model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini (1) rancang bangun video pembelajaran animasi berbasis discovery learning dalam pengembangan memiliki 5 tahapan pengembangan, yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) video pembelajaran animasi berbasis discovery learning dinyatakan layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90,39%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (100%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik (89,29%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,21%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (90,93%). Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis discovery learning muatan IPA materi sistem pernapasan manusia layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V SD Negeri 3 Peguyangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Discovery Learning, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Permana |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 09:10 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 09:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10993 |
Actions (login required)
View Item |