Adnyaswari, Kadek Mira (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BERBASIS ANDROID PADA TOPIK PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031226-COVER.pdf Download (387kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031226-ABSTRAK.pdf Download (25kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031226-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031226-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031226-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031226-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031226-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031226-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031226-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik perpindahan kalor kelas V sekolah dasar yang telah teruji validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menerapkan model ADDIE yang memiliki tahapan-tahapan yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, penelitian ini terbatas hanya sampai pada tahapan pengembangan. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah 2 orang dosen ahli materi, 2 orang dosen ahli media, 2 orang praktisi guru, dan 10 orang siswa. Objek penelitian ini adalah validitas dan kepraktisan bahan ajar digital. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebarkan kepada guru kelas V gugus V kecamatan buleleng. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar digital ini yaitu menggunakan rating scale. Nilai rata-rata validitas dan kepraktisan bahan ajar digital dari ahli materi sebesar 94% dengan kategori sangat baik, dari ahli media sebesar 97% dengan kategori sangat baik, dari praktisi guru sebesar 90% dengan kategori sangat baik, dan dari praktisi siswa sebesar 89% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada tema 6 subtema 2 khususnya pada topik perpindahan kalor kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar digital berkearifan lokal, Perpindahan kalor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Mira Adnyaswari |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:45 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11013 |
Actions (login required)
View Item |