PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BERBASIS ANDROID PADA TOPIK PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR

Adnyaswari, Kadek Mira (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BERBASIS ANDROID PADA TOPIK PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031226-COVER.pdf

Download (387kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031226-ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031226-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031226-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031226-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031226-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031226-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031226-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031226-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik perpindahan kalor kelas V sekolah dasar yang telah teruji validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menerapkan model ADDIE yang memiliki tahapan-tahapan yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, penelitian ini terbatas hanya sampai pada tahapan pengembangan. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah 2 orang dosen ahli materi, 2 orang dosen ahli media, 2 orang praktisi guru, dan 10 orang siswa. Objek penelitian ini adalah validitas dan kepraktisan bahan ajar digital. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebarkan kepada guru kelas V gugus V kecamatan buleleng. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar digital ini yaitu menggunakan rating scale. Nilai rata-rata validitas dan kepraktisan bahan ajar digital dari ahli materi sebesar 94% dengan kategori sangat baik, dari ahli media sebesar 97% dengan kategori sangat baik, dari praktisi guru sebesar 90% dengan kategori sangat baik, dan dari praktisi siswa sebesar 89% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada tema 6 subtema 2 khususnya pada topik perpindahan kalor kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar digital berkearifan lokal, Perpindahan kalor
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Mira Adnyaswari
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:45
Last Modified: 11 Jul 2022 02:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11013

Actions (login required)

View Item View Item