Yuliantari, Ni Ketut (2022) Analisis Kemampuan Mengaplikasikan Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011047-COVER.pdf Download (845kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011047-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011047-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) mendeskripsikan kemampuan mengaplikasikan konsep matematika siswa, (2) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal ranah kognitif mengaplikasikan konsep (C3) matematika, dan (3) mendeskripsikan alternatif solusi untuk mengatasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran genap 2021/2022 di SMP Negeri 6 Singaraja. Subjek penelitian yang mengikuti tes adalah 33 siswa kemudian dengan teknik purposive sampling dari 33 siswa dipilih enam siswa untuk melaksanakan wawancara. Data dikumpulkan dengan tes uraian dan pedoman wawancara. Tes yang digunakan disusun sesuai dengan indikator mengaplikasikan (C3) menurut taksonomi Bloom revisi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan mengaplikasikan konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja sebesar 46,97% sehingga tergolong dalam kategori sedang. Persentase kesalahan pada indikator mengeksekusi sebesar 40,91% tergolong kategori sedang dan pada indikator mengimplementasikan sebesar 65,15% tergolong kategori tinggi. Kesalahan pada setiap indikator dijabarkan berdasarkan aktivitas siswa pada proses kognitif kemampuan mengaplikasikan sehingga diperoleh persentase kesalahan pada aktivitas mengerjakan dengan rangkaian langkah untuk indikator kemampuan mengeksekusi sebesar 13,46% dan indikator mengimplementasikan sebesar 51,52%. Persentase kesalahan pada aktivitas menentukan solusi jawaban untuk indikator mengeksekusi sebesar 40,91% dan indikator mengimplementasikan sebesar 65,15%. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada aktivitas mengerjakan dengan rangkaian langkah antara lain miskonsepsi, kesalahan prinsip, dan kesalahan prosedural serta pada aktivitas menentukan solusi jawaban siswa mengalami kesalahan jawaban akhir. Alternatif solusi yang ditawarkan pada penelitian ini untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal ranah kognitif mengaplikasikan konsep (C3) matematika, yakni: (1) menggunakan media dan metode pembelajaran yang sesuai, (2) latihan soal secara rutin dengan jenis soal non rutin, (3) mengecek dan menguatkan kembali pengetahuan prasyarat, dan (4) memeriksa kembali jawaban.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jenis-jenis kesalahan, kemampuan mengaplikasikan, materi Pythagoras, revisi taksonomi Bloom |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Yuliantari |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:02 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11125 |
Actions (login required)
View Item |