Pradnyani, M. Harum (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pendidikan Matematika Realistik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011031-COVER.pdf Download (787kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011031-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011031-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Materi aritmatika sosial merupakan salah satu bagian dari materi matematika yang sangat penting bagi siswa terutama yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, guru masih sulit mengemas materi pembelajaran tersebut, terlebih dengan keterbatasan alat (media). Di sisi lain, kurangnya minat belajar dan rendahnya pemahaman konsep siswa, menjadi faktor penyebab siswa sulit dalam mengerjakan permasalahan matematika. Ada tiga tujuan yang disasar dalam penelitian ini yakni, 1) Mengetahui karakteristik video pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan matematika realistik pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP; 2) Mengetahui tingkat keefektifan video pembelajaran interaktif dan 3) Mengetahui tingkat kegunaan (usability) video pembelajaran interaktif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Terdapat beberapa karakteristik video yang dikembangkan seperti: terdapat fitur interaktifitas berupa kuis dan pertanyaan bercabang ketika siswa salah dalam menjawab kuis dan terdapat video permasalahan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang dekat dengan siswa. Video pembelajaran interaktif yang dihasilkan telah teruji efektif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal dengan persentase ketuntasan klasikal 89,66%.; dan usability dari video pembelajaran interaktif dilihat dari hasil analisis rata-rata skor angket respon guru adalah 4,58 dan rata rata skor angket respon siswa adalah 4,80 yang berarti bahwa video pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan matematika realistik pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP memiliki tingkat usability yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran interaktif, model pengembangan 4D, pendidikan matematika realistik, aritmatika sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | M. Harum Pradnyani W. |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 06:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 06:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11139 |
Actions (login required)
View Item |