Ulan, Luh Putu Manik (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MUATAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BATUBULAN KANGIN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031268-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031268-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031268-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (704kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031268-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031268-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031268-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031268-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031268-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031268-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Muatan IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Batubulan Kangin Tahun Ajaran 2021/2022 yang dilaksanakan berdasarkan hasil analisis kebutuhan kebutuhan media pembelajaran serta kurangnya media yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif muatan IPA, dan (2) untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif muatan IPA. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone maupun laptop dengan menyambungkan internet sebagai sarana agar media dapat diakses oleh siswa. Keuntungan multimedia pembelajaran interaktif ini dapat diakses dimana saja, dapat memotivasi siswa dan dapat dibuka melalui android. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 9 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif memperoleh persentase sebesar 100,00% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 82,50% dengan kualifikasi baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 91,17% dengan kualifikasi sangat baik. Kemudian pada uji coba perorangan memperoleh hasil sebesar 91,00% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,90% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji responden pada penelitian dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Interaktif layak digunakan pada kegiatan pembelajaran khususnya pada muatan IPA di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Pembelajaran Interaktif, ADDIE, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Manik Ulan |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11253 |
Actions (login required)
View Item |