Asri, Ni Putu Diani (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI PHET MATERI LISTRIK TERHADAP HOTS SISWA KELAS VI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031178-COVER.pdf Download (224kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031178-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031178-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031178-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031178-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031178-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031178-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031178-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031178-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan HOTS siswa kelas VI SD antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi PhET dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-tes control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SD di Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng yang berjumlah 192 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu SD Negeri 5 Panji sebagai kelompok kelas eksperimen yang berjumlah 21 siswa dan SD Negeri 2 Sambangan sebagai kelompok kelas kontrol yang berjumlah 14 siswa. Dalam menentukan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes uraian. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta statistik inferensial (uji-t) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi PhET materi listrik terhadap HOTS siswa kelas VI SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, PhET, HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Diani Asri |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:22 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11316 |
Actions (login required)
View Item |