PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI PHET MATERI LISTRIK TERHADAP HOTS SISWA KELAS VI SD

Asri, Ni Putu Diani (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI PHET MATERI LISTRIK TERHADAP HOTS SISWA KELAS VI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031178-COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031178-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031178-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031178-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031178-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031178-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031178-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031178-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031178-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan HOTS siswa kelas VI SD antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi PhET dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-tes control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SD di Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng yang berjumlah 192 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu SD Negeri 5 Panji sebagai kelompok kelas eksperimen yang berjumlah 21 siswa dan SD Negeri 2 Sambangan sebagai kelompok kelas kontrol yang berjumlah 14 siswa. Dalam menentukan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes uraian. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta statistik inferensial (uji-t) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi PhET materi listrik terhadap HOTS siswa kelas VI SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PBL, PhET, HOTS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Diani Asri
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:22
Last Modified: 15 Jul 2022 02:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11316

Actions (login required)

View Item View Item